Kamis, 29 November 2018

Eksklusif, Acara Bakar Batu di Tiom Kabupaten Lanny Jaya (Papua) 2018


Di Indonesia setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing, contohnya di Papua khususnya Pegunungan tengah memiliki kebudayaan tersendiri yang berbeda dengan daerah lain.
Acara bakar batu merupakan salah satu budaya khas bagi masyarakat di pegunungan tengah papua. Acara ini berlangsung sangat meriah karena di hadiri oleh ratusan bahkan ribuan masyarakat yang berdomisili di dearah sekitar tempat dilaksanakannya acara bakar batu tersebut. Meskipun terkadang masyarakat yang berada di beda kecamatan/distrik bahkan beda kabupaten rela menghadiri meskipun jarak rumah mereka sangat jauh. 
Bagi teman-teman pembaca yang penasaran ingin melihat seperti apa sih bakar batu itu? silahkan di tonton video youtube dibawah ini:
 

Dalam Video di atas merupakan upacara bakar batu
di Kota Tiom Kabupaten Lanny Jaya dalam rangka HUT Kabupaten Lanny Jaya yang ke-10. Selain itu, Menurut masyarakat setempat, acara seperti ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan saling berbagi rezeki yang diberikan oleh Tuhan berupa hewan ternak dan hasil kebun.  Termasuk salah satu cara untuk mensyukuri karunia Tuhan. Acara bakar batu dengan jumlah besar seperti dalam video diatas bisa berlangsung sejak pagi hari hingga sore hari. Masyarakat bergotong royong saling membantu, dari awal hingga selesainya acara. Saling membantu mengumpulkan batu, kayu, rumput, sayuran, ubi, keladi, dan daging serta membuat kolam dan perapian untuk memanaskan batu sebelum digunakan untuk prosesi bakar batu.
Setelah masakan matang, semua masyarakat berkumpul bersama-sama untuk menikmati hidangan, dan berapapun jumlah orang yang hadir harus semuanya merasakan tanpa terkecuali, meskipun mendapat porsi sedikit, intinya sama-sama merasakan.
Demikianlah ulasan singkat tentang prosesi upacara adat bakar batu yang menjadi ciri khas budaya masyarakat pegunungan tengah Papua. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR